Posted by : aji pamungkas Thursday, July 17, 2014

assalamualikum sahabat blogger semua :)
di bulan puasa ini kalo kita berbagi dapat pahala banyak yaw :) oke deh saya mau bagi bagi tips nih buat semua sahabat yang pastinya akan mudik di  lebaran tahun ini

khusunya buat para pemudik yang menggunakan sepeda motor , gak usah panjang lebar deh simak aja nih tips dari saya silahkan disimak :)



1. Persiapkan Kondisi Motor

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, alangkah baiknya kondisi sepeda motor dalam kondisi prima. Sebaiknya, kunjungi bengkel langganan Anda untuk mempersiapkan sepeda motor dalam menempuh perjalanan panjang.

Saat melakukan tune up, mintalah bengkel untuk menyetel mesin sesuai kondisi medan yang akan dilalui. Jangan lupa, turut ganti oli motor Anda agar mesin terjaga dalam kondisi prima.

Tak hanya fokus pada persiapan mesin, jangan lupa turut memeriksa komponen vital lain, seperti bearing roda, velg, rantai, gir, serta kanvas rem, baik depan ataupun belakang. Apabila salah satu komponen tersebut bermasalah, segeralah ganti dengan yang baru agar perjalanan Anda tetap aman.

Tak lupa, periksalah kembangan ban, karena ban yang lapisannya tipis atau botak mempengaruhi kenyamanan dan pengendalian sepeda motor. Bila ban telah tipis, maka segeralah ganti dengan ban kondisi baru

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap namun nyaman

Saat berkendara, ada baiknya Anda menggunakan helm full-face. Selain itu, Anda juga harus melengkapi diri dengan jaket yang cukup tebal serta pelindung dada agar kesehatan tetap terjaga.

Sementara, untuk alas kakinya tidak disarankan memakai sandal karena kurang mendukung faktor keamanan. Sebaiknya, gunakan sepatu namun dengan sol yang tak terlalu tebal. Hal ini penting, agar kaki Anda tetap sensitif kala menginjak rem ataupun gigi perseneling

3. Hindari membawa barang berlebih

Mudik biasanya identik dengan oleh-oleh atau bingkisan untuk keluarga di kampung. Sayangnya, para pemudik terkadang membawa oleh-oleh sangat banyak, sehingga mengorbankan kenyamanan berkendara.

Para pemudik disarankan tidak terlalu banyak membawa barang saat perjalanan. Apabila ingin menghadiahi oleh-oleh bagi sanak saudara, dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi terpercaya agar perjalanan Anda tetap nyaman selama perjalanan.

Selain terjamin keamanannya, mengirimkan sebagian barang bawaan juga membuat sepeda motor tidak mendapat tambahan beban berlebih yang turut mengurangi usia motor.

sumber : http://otomotif.liputan6.com/read/2078626/tips-mudik-berkendara-aman-dan-nyaman-dengan-motor

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Donasi Untuk Blog

Berlangganan Artikel

Popular Post

Followers

my twitter

Pages

- Copyright © Sahabat Pasuruan -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -